[10 Days Project] Stay Healthy and Happy!

Hello world! Assalamualaikuum..
 
It is Wednesday. and I am still on 10 Days Project to challenge myself on writing.
Today.. I would like to share little thoughts and feelings of mine about health. It is gonna be in Bahasa Indonesia. and taken from my twitter:  @davinAzalia with hashtag #hidupsehat.
it might be lame and not a deep writing. so, feel free to comment or criticize me. and I wish I could write more about my experiences on struggling for health in next post.
 
Thank you.. happy reading~
 

Sehat itu mahal. Lebih mahal lagi jika kamu sakit..

Sejak kecil bergantung dengan obat, vitamin, suplemen, serta susu non lactose (khususnya soya) membuat saya benar-benar membutuhkan itu semua hingga usia 22. Bukan berarti ga bisa sehat tanpa itu semua. Makanan sehat, bergizi, dan yang tidak membuatku alergi membantuku sehat. Alhamdulillah.. Tapi obat, vitamin, suplemen, & susu non lactose memiliki kontribusi besar untuk menunjang kesehatan saya sejak usia 2 bulan hingga sekarang 22 tahun. Orang tua & saya sampai hafal beragam merek obat, vitamin, dan suplemen serta apa saja manfaat masing-masing produk tersebut. Hehe..
Karena memang keluarga saya semua penyakitan, jadi mengetahui itu semua seperti sebuah kebutuhan. Dan jadi kebiasaan kepo produk-produk penunjang kesehatan. Intinya kami semua ingin sehat.. “Sehat itu mahal. Tapi lebih mahal jika kamu sakit.” itu semacam kalimat yang kami buat & rasakan sendiri. Hoho

Alhamdulillah beberapa tahun belakangan ini kami mulai mengenal produk-produk yang tidak melulu obat kimawi. kami mulai mengenal produk-produk tradisional, herbal, dan terapi-terapi lain.. Itu semua sungguh membantu. Alhamdulillah.. Mulai dari jamu, teh dari aneka daun-daunanan, madu, propolis, jus buah-buahan, sampai terapi psikologis kami jalani.. Jadi kalau ada yang cerita mengenai penyakit atau ingin sehat kami bisa cerita based on experience. Baik secara kimiawi (obat-obatan), maupun tradisional (herbal). Bukan nyombong, tapi kami senang berbagi pengalaman dan ingin membantu orang lain yang mungkin memiliki problem sama dengan kita. Kalau ada produk tidak bagus, sebisa mungkin kami beri tahu. Supaya tidak ada yg mengalami hal tidak baik. Tapi lagi-lagi ini tergantung kondisi & keyakinan yang bersangkutan.

Dan.. Sampai sekarang ada 4 poin atau kesimpulan yang kami peroleh mengenai #hidupsehat & #menjagakesehatan:

  1. #hidupsehat dimulai dari dalam (jiwa). Segala penyakit bersumber dari ketidaksehatan jiwa seseorang yang dipicu & didukung faktor-faktor luar. Maksudnya emosi-emosi negatif yang ada pd diri kita mempengaruhi sistem metabolisme tubuh. Sehingga kesehatan dapat terganggu. Seperti hukum alam “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”, kesehatan dapat memburuk jika kita terus menumpuk emosi negatif dalam diri. Jadi kemungkinannya begitu. Untuk sebab pasti karena emosi ini pasti punya penyakit itu, ya hanya Allah yg tahu. Kita hanya berusaha untuk #hidupsehat. Intinya, berusaha terus positif dalam menjalani hidup. Berprasangka baik keapda Allah. Ikhlas dan pasrah dalam segala keadaan.
    * gampang banget yaa saya ngomongnya.. Padahal tdk semudah itu dilakukan.. u.u *
  2. Selain dari dalam, gangguan kesehatan dipicu faktor luar. Seperti pola hidup (makanan, minuman, sanitasi, & olahraga kurang). Lagi-lagi harus bilang “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”. Makanan/minuman yang sehat ataupun tidak, pada akhirnya sama-sama berefek. Makanan/minuman sehat itu ya yang bersih & bergizi. Mulai dari menyiapkannya, memasak, hingga menyajikannya. Info makanan/minuman apa yang bagus kandungan gizinya ini dapat kita peroleh dari buku, internet, seminar, dll. Selain jenisnya, yang harus diperhatikan juga ialah jumlah yang dikonsumsi. Prinsipnya jangan berlebihan. Apapun yg berlebihan biasanya sia-sia. Sesedikit apapun makanan sehat yg masuk ke tubuh kita itu tetap akan diserap & manfaat. Ini juga berlaku  untuk makanan tidak sehat. Makanan tidak sehat itu yang tidak bersih, tidak bergizi, ataupun mengandung terlalu banyak zat tertentu.
    Pada usia tertentu makanan sehat yang dikonsumsi dengan jumlah berlebih dapat memicu gangguan kesehatan. Sehingga malah menjadi makanan pantangan. Seperti makanan yang banyak kandungan lemak jenuh dapat tertimbun menjadi kolesterol, atau protein yang dapat tertimbun menjadi asam urat. Intinya, soal kecermatan dalam memilih jenis makanan & mengkonsumsinya dalam jumlah yang tepat. Mungkin orang tua & generasi-generasi terdahulu sudah terlanjur dan mungkin tidak tahu tentang hal ini, jadi generasi sekarang harus lebih aware dan benar-benar berusaha #hidupsehat.
    * kepanjangan nih poin 2. Intinya menjaga pola hidup untuk menjaga kesehatan tubuh. *
  3. Obat mungkin diperlukan untuk sembuh, tapi sebisa mungkin diimbangi dg produk-produk non kimiawi. Orang-orang yg sudah terlanjur konsumsi obat-obatan agar sembuh (seperti saya), minum obat mungkin seperti kebutuhan & kebiasaan. tapi…. harus diingat bahwa itu semua bahan kimia yang kemungkinan besar berefek samping. Jadi perlu juga sayur, buah, madu, & bahan alami lain. Setelah menjaga #hidupsehat dengan konsumsi makanan-makanan yang sehat (kesimpulan no.2), perlu untuk mencari tahu obat-obatan alami. Penting untuk mengetahui khasiat bahan-bahan alami, seperti: teh, madu, jinten hitam (habatussaudah), propolis, dan teman-temannya.. Karena Tuhan tidak menciptakan segala sesuatu dengan percuma, jadi apa yang ada di alam pasti bermanfaat. dan.. sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. 😀
  4. Olah raga! ini sangat menunjang #hidupsehat. Olah raga tentu menyesuaikan kemampuan tiap individu. Yang penting menggerakkan badan. Tidak membiarkan badan menjadi malas. Banyak artikel yg dapat dibaca berkaitan dg olah raga, kesehatan dan mungkin terapi untuk #hidupsehat. Sekali lagi prinsip “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit” juga berlaku untuk kebiasaan berolah raga.

Baiklah.. cukup untuk twit saya pagi ini. saya bukan dokter, tabib, juga bukan terapis. saya hanya pasien dan manusia yang ingin terus #hidupsehat 🙂

Semoga kita semua dapat selalu #hidupsehat dan #menjagakesehatan baik jasmani maupun rohani. Aamiin.. Salam healthy and happy! ^_^

Advertisements

~ by davinaazalia on November 7, 2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: